Perjalanan wisata menuju Gunung Rinjani Lombok

Dimana letak Gunung Rinjani?
Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, ketinggian dari Gunung Rinjani ini mencapai 3.726 meter dari permukaan laut, Gunung ini masih aktif dan Rinjani ini adalah Gunung berapi tertinggi kedua di indonesia. Gunung Rinjani adalah salah satu track favorit bagi para pendaki karena keindahann panorama alam di gunung ini
, Dipuncak gunung rinjani ini juga terdapat sebuah danau air hangat bernama danau segara anak atau dalam bahasa indonesia diterjemahkan menjadi danau anak laut. Danau ini terbentuk dari kawah hasil letusan Gunung Rinjani, Di tengah Danau segara anak ini terdapat anak Gunung bernama Gunung Barujari atau dalam bahasa indonesia berarti Gunung Baru jadi.



Keindahan alam apa saja yang bisa dinikmati di Gunung Rinjani?
Gunung rinjani paling banyak dikunjungi pada bulan Juni - September, karena pada bulan ini cuaca sangat bersahabat untuk pendakian, Suhu rata - rata di gunung rinjani mencapai sekitar 12 sampai 20 derajat Celsius Dingin sekali untuk orang yang tak terbiasa. Mengenai keindahan alam nya, gunung Rinjani ini telah di nobatkan menjadi puncak gunung terindah di indonesia oleh para pendaki, tidak hanya di puncak selama dalam perjalanan menuju kepuncakpun akan membius pandangan anda dengan keadaan alam yang masih perawan dan masyarakat yang masih tradisional, Andapun dapat menikmati pemandian airhangat di danau segara anak sambil menikmati keindahan panorama alam di Rinjani.

Bagaimana Track dan lama perjalanan menuju Gunung Rinjani?
Untuk Perjalanan menuju Puncak Gunung Rinjani anda bisa memilih dari 3 Track atau lintasan menuju Puncak Rinjani diantaranya Jalur Senaru, Jalur Sembalun dan Jalur Torean.
Mendaki Puncak Rinjani Melalui Jalur Senaru.Jalur Senaru adalah jalur utama dan jalur yang paling ramai dan biasa di lewati para pendaki, Jalur ini juga biasa digunakan oleh masyarakat suku sasak saat melakukan upacara adat dan keagamaan di puncak gunung rinjani. Perjalanan melalui rute ini memakan waktu selama 10 sampai 12 jam melalui gerbang senaru yaitu Pelawangan, disepanjang track ini terdapat 3 pos atau tempat peristirahatan, mengenai kondisi medan disini cukup aman untuk pendaki pemula trek ini di dominasi oleh hutan dengan pepohonan yang tinggi besar dan tebing batu yang menakjubkan. Untuk melanjutkan puncak ke gunung rinjani anda membutuhkan waktu 4 sampai 5 jam dari danau segara anak, biasanya pendakian kepuncak rinjani dilakukan pada Dini hari yaitu pada jam satu atau dua malam agar pada saat sampai di puncak para pendaki dapat menikmati indahnya matahari terbit yang menyinari pulau lombok dan pemandangan danau yang luar biasa.

Berikut adalah Ringkasan perjalanan Ke rinjani dari mataram Ibu kota Lombok Barat.
Dari Mataram Ke Senaru memakan wakru dua sampai tiga jam menggunakan kendaraan bermotor > Dilanjutkan dari senaru ke danau segara anak menghabiskan waktu selama 10 sampai 12 jam dengan berjalan kaki Dan dari danau segara anak memakan waktu empat sampai lima jam untuk sampai ke puncak gunung rinjani.

Perjalanan ke Puncak Rinjani melalui Jalur Sembalun
Ringkasan perjalanan ke gunung rinjani melalui jalur sembalun melalui Mataram memakan waktu kurang lebih dua jam untuk sampai ke sembalun Kemudian dari Sembalun lawang ke Puncak Gunung rinjani memakan waktu kurang lebih tujuh jam lalu turun ke segara anak memakan waktu sekitar tiga jam
Perbedaan jalur sembalun dengan jalur senaru adalah disini anda akan melewari jalur seperti padang savana, melewati jalur ini cukup panas disiang hari berbeda dengan jalur senaru namun ini tidak jadi masalah karena anda akan melewati banyak tebing curam yang indah dan memacu adrenalin anda, jalur sembalun ini juga cukup ramai di lewati oleh para pendaki. khususnya yang lebih menyukai sedikit tantangan, Dari track ini anda bisa menikmati pemandangan bagian timur lombok seperti selat alas sumbawa yang di dominasi oleh hijaunya padang rumput dan beberapa hutan hijau yang indah.

Perjalanan Kepuncak Rinjani melalui jalur Torean.
Perjalanan kepuncak melaui jalur torean akan memberikan sensasi baru untuk anda karena melalui jalur torean dirasakan kemiringannya cukup tinggi hingga sampai 45% disinilah letak perbedaannya dengan kedua jalur sebelumnnya. perjalanan di mulai dari desa torean didalam perjalanan anda akan di apit oleh dua tebing tinggi hingga hampir sepanjang perjalanan, disini juga anda bisa melihat masyarakat suku sasak yang hidup secara alami melihat hamparang padang rumput tempat mereka beternak dan melihat beraneka tanaman pertanian mereka yang masih dilakukan secara tradisional..
Dari mataram menuju desa torean akan memakan waktu kurang lebih 3 jam karena kondisi jalan yang agak sulit. kemudian dari lawang desa torean menuju danau segara anak akan menghabiskan waktu sekitar 8 sampai 10 jam. dan dilanjutkan dengan 4 jam untuk sampaikepuncak gunung rinjani.

Selamat mendaki gunung rinjani.

1 comment: